
Kukar Siapkan Posyandu Percontohan: Melangkah Lebih dari Sekadar Lomba, Menuju Transformasi Layanan Nasional
NalaRNusantara;Kukar – Dalam upaya menggairahkan lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar tak hanya menyiapkan peserta.
Mereka menghadirkan visi baru yakni transformasi Posyandu sebagai pusat layanan dasar yang memenuhi standar nasional sesuai Permendagri Nomor 13 Tahun 2024.
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Desa, Asri Riyandi Elvandar, menegaskan bahwa perubahan pendekatan lomba tahun ini membawa beban tanggung jawab besar.
“Penilaian kini berdasarkan implementasi enam Standar Pelayanan Minimal yang menuntut kesiapan kelembagaan dan layanan lintas sektor,” ujarnya pada Kamis (08/05/2025).
Dalam proses seleksi, Kukar tengah cermat menentukan lokus desa dan kelurahan yang siap menjadi representasi terbaik.
“Ini bukan sekadar mencari pemenang, melainkan memilih percontohan yang menjadi teladan dalam menyelenggarakan pelayanan menyeluruh,” kata Elvandar.
Dengan mengedepankan pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman, dan sosial, Posyandu yang ideal kini menjadi pusat layanan masyarakat yang holistik.
Strategi ini bukan semata ajang perlombaan, tetapi juga langkah strategis mempercepat akselerasi pembenahan layanan dasar masyarakat di Kabupaten Kukar.
“Kami ingin sistem ini bukan hanya berkelanjutan, tapi juga berdampak langsung kepada masyarakat,” pungkas Elvandar. (Fh/Adv)